Desain Huruf dengan Photoshop

Posted by Elips Computer | | Category: |

Dalam tutorial photoshop kali ini aku akan memberikan panduan untuk memodifikasi huruf yang kita tulis melalui photoshop. Mungkin kamu bosan melihat jenis font di komputermu yang itu-itu saja. Nah, dengan panduan ini kamu bisa mengkreasikan huruf sesuai kemauanmu.

Dasarnya, kita akan memodifikasi work path(kerangka) yang sebelumnya dihasilkan melalui huruf yang kita tulis, kemudian setelah itu work path yang telah dibentuk ulang kita ubah menjadi vector mask(gambar). Misalkan kamu ingin membuat sebuah poster, kamu bisa menerapkan tutorial ini.

Berikut panduan / tutorial modifikasi huruf dengan photoshop:

Menyiapkan Work Path

  1. Tulislah kata yang ingin kamu modifikasi menggunakan Horizontal Type Tool. Kalau aku menuliskan kata "indonesia" sebagai contoh.


  2. Setelah ditulis, klik kanan teks dengan Horizontal Type Tool hingga muncul popup menu dan pilih Create Work Path.


  3. Kemudian akan muncul work path dipinggir tiap huruf. Lalu buat layer baru dan hilangkan simbol mata pada layer teks yang kamu buat.


  4. Pilih layer baru yang kamu buat, dan work path-mu siap dimodifikasi.

Modifikasi Work Path
  1. Untuk memodifikasi work path gunakan Convert Point Tool, pilih Convert Point Tool.


  2. Mulai modifikasi. Kumulai dengan huruf pertama yaitu "i", pilih huruf "i" maka akan muncul kotak-kotak kecil pada tiap sudut. kotak kecil itu adalah poin yang membentuk work path.
  3. Bayangkan bentuk yang kamu inginkan dan kemudian mulailah membentuk dengan memilih poin (ditandai dengan berubah menjadi kotak hitam) dan menggesernya.


  4. Teruskan ke huruf selanjutnya, dengan ulangi langkah 3.
  5. Kali ini aku akan mengubah bentuk huruf "o" dengan memilih beberapa poin sekaligus pada huruf "o" dan menghapusnya.

    Tips: Tahan tombol Shift untuk memilih poin lebih dari satu. Untuk menghapus poin, gunakan tombol Delete.


  6. Dan aku akan menambahkan workpath baru pada bagian yang telah kuhapus sebelumnya. Dengan cara memilih Pen Tool.


  7. Kemudian memilih ujung workpath yang kuhapus lalu meng-klik ujung satunya lagi dengan begitu akan tercipta work path baru.



Menjadikan Work Path Sebagai Gambar
  1. Setelah semua workpath(kerangka) setiap huruf diubah kini saatnya mengubahnya menjadi vector mask(gambar). Masih menggunakan Pen Tool, klik kanan work path hingga muncul popup menu dan klik Create Vector Mask.


  2. Bila workpath sudah berubah menjadi gambar vektor maka layer akan berubah menjadi sesuai di ilustrasi dibawah ini.


Memberikan Warna Pada Gambar Vektor 
  1. Setelah diubah menjadi gambar vektor, kita harus memberi warna. Karena vector mask seperti artinya hanyalah jiplakan dari workpath. Gunakan Paint Bucket Tool untuk memberi warna.


  2. Pilih warna yang kamu mau, dan klik gambar dengan Paint Bucket Tool.
  3. Maka gambar telah selesai dibuat dan siap dipakai untuk keperluan apa saja.
Setelah semua tahapan selesai dilaksanakan, berikan efek pada gambar yang telah dibuat agar lebih menarik. Dan berikut adalah gambar perbandingan huruf sebelum dan sesudah dimodifikasi.

Contoh lainnya:


Kelihatannya tidak ada yang spesial.
Sudahlah, intinya dari tutorial ini agar kamu bisa memanfaatkan work path untuk desain yang lebih rumit lainnya. Mohon kritik yang disertai saran darimu untuk tulisanku ini. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Semoga bermanfaat.